Kamis, 04 Maret 2010

Tips Kontrol Emosi Yang Berlebihan

Assalamu'alaikum sobat kontemporer.
mungkin sudah bukan hal yang tabu lagi mengumbar emosi yang berlebihan di muka umum.
yaa tapi itu lah remaja kontemporer. kita ulas sedikit all aktivity sobat yang menggunakan emosi berlebihan seperti, tawuran,berdebat,falling in love, jelous, or ect.

Justru berakibat yang kurang baik bagi sobat sendiri jika mengumbar emosi itu. memang sangat sulit mengontrol emosi. setidak nya kita bisa meminimalisir hal itu.
ini dia tips-tips untuk mengontrol emosi :

1. Jika emosi itu berbentuk kemarahan, maka sobat usahakan untuk berwudhu dan beristigfar sejenak.
2. Ingatkan diri sendiri, manusia yang gak bisa kontrol emosi itu orang yang lemah. Pikirkan hal-hal yang sebaliknya, meskipun kayaknya gak ada, pikirkan hal-hal yang baik
3. mulai cari positif dan negatif dari yang menyebabkan emosi kita muncul berlebihan.
4. Sobat bisa memakai waktu sendirian tanpa ada gangguan sampai sobat tau apa yang ingin sobat lakukan.
5. Waktu rasa marahmu terpancing, pertama yang harus dilakukan adalah DIAM. Jangan biarkan mulutmu mengeluarkan suara bahkan sumpah serapah, aku tahu hal ini bisa terjadi secara reflex, tapi bisa dilatih.
6. Ambil nafas yang panjang dari hidung, tahan selama 10 detik, lalu buang lewat mulut. *Ini selalu bekerja di aku* Kenapa? Karena waktu marah, darah mengalir ke atas, tapi waktu kita ambil nafas, oksigen masuk ke ruang otak yang membuat kita menjadi lebih tenang
7. Waktu diri kita menjadi lebih tenang, otomatis otak bisa berpikir dengan jernih. Karena kebanyakan emosi membawa kita kepada hal-hal 'nonsense' yang kita lakukan, yang nantinya akan kita sesali.

Ayo sobat ! jangan mau jadi budak nya setan! :)


1 komentar: