Rabu, 28 April 2010

Cara Berkepribadian Kuat

Bismillahirrahmanirrahiim..
Apa sih kepribadian yang kuat itu? Apakah orang yang kuat itu adalah orang yang nggak pernah menangis ketika ada masalah?
Bukan! Orang yang berkepribadian kuat bukanlah mesti orang yang demikian. Pribadi yang kuat bukan dilihat dari kekuatannya menahan air mata di pelupuk. Setiap orang memiliki masalah. bahkan ada yang tidak dapat diselesaikan. Yang terpenting adalah kita selalu mencoba untuk menyelesaikannya. Itulah kepribadian kuat.
Kekuatan kepribadian dilihat dari kejujuran dalam menghadapi permasalahan hidup dan keberanian untuk memandang masala dengan bening.
Remaja musti, kudu, wajib, harus punya yang namanya kekuatan di kepribadiannya. Seperti aa sih orang yang punya kepribadian kuat?

• Berani jadi diri sendiri
Be my self! Dasar kepribadian yang kuat adalah ketika ia berkata, bertindak, dan bersikap sesuai kata hati nurani. Atau dengan kata lain : menjadi diri sendiri. Hati nurani itu hal terjujur yang ada di diri kamu. Hati nurani itu nggak pernah bohong. Itulah sebab kenapa hati nurani akan selalu memberitahu kamu apa yang sebenarnya kamu inginkan. Kalau kamu ingin selalu merasa bahagia, mari sesuaikan tindakanmu dengan kata hatimu.


• Hargai dirimu apa adanya
Pasti masing-masing dari kita sadar banget kalau yang namanya manusia pasti punya kelemahan di samping kelebihan yang pula Allah ciptakan berdampingan dengan kita. Maka, terimalah kekurangan itu. Perbaiki kekurangan itu, atau bahkan bisa pula kamu tutupi dengan kelebihan yang kamu miliki jika diperlukan. Hargai diri kamu APA ADANYA. Jangan lantas menjadi sombong dengan kelebihan dan jangan pula menjadi minder dengan kekurangan. Menghargai diri kamu sendiri sama seperti kamu member harga diri pada diri kamu. Mulailah menjadi berharga dengan menghargai diri kamu sendiri..
• Temukan konsep diri yang tepat
Apa sih konsep diri itu? Konsep diri ialah cara kamu sendiri membuat rumusan yang tepat untuk diri kamu sendiri. Konsep diri kita itu sendiri bisa kita peroleh setelah kita bisa memahami diri kita sendiri dengan baik dan mendalam. Sebelum mengkonsep, kita mesti punya dulu nih gambaran pribadi yang menyeluruh tentang diri kita. Weits, kok kayaknya rumit yaa?? Haha, nggak juga kok. Yuk, kita coba..

Konsep diri itu seperti sebuah rumus. Rumus? Kayak matematika? Fisika? Hmm, kurang lebih seperti itu. Bedanya, rumus ini kamu sendiri yang buat. Karena ini menyangkut diri kamu sendiri. Dan hanya kamu yang bisa kenal dan memahami isi diri kamu seutuhnya.

Coba di list :
1. Kelebihan potensi yang kamu miliki.
2. Kekurangan yang ada pada diri kamu.
3. Motivasi kamu dalam melakukan berbagai hal.
4. Kekuatan pribadi kamu.
Kelebihan dan kekurangan diri pasti kamu sudah paham kan? Sekarang, gimana caranya kita mengetahui motivasi dan kekuatan pribadi yang kita punya? Jawab pertanyaan dibawah ini :
1. Apa yang bisa bikin hari kamu penuh semangat dan ceria?
2. Apa aja sih yang bisa bikin kamu bĂȘte dan sedih?
3. Apa aja sih yang bisa buat kamu merasa pede dan keren?
Dengan kamu menemukan unsur-unsur kepribadian yang ada di diri kamu dan merumuskan konsep yang ada di diri kamu, kamu jadi lebih matang dan siap dalam mengelola diri dan kehidupan kamu. Atau misalkan, kamu punya rencana dan impian,kamu akan tahu gimana cara mewujudkannya. Dari sini juga, kita bisa menilai diri kita sendiri secara objektif dan lebih terbuka. Kamu jadi nggak peduli kalau ada orang yang rese dan curiga sama kamu, karena kamu tahu persis apa yang kamu lakukan. Kamu bisa bertanggung jawb penuh atas perbuatanmu sendiri, dan jadi orang yang menyenangkan seumur hidup! Nggak percaya? makanya, ayo coba!!
*referensi :
Lebih dari Sekedar PD #2. Integrity Building, GINA AL ILMI & ILNA Learning Center


1 komentar: